TNI AU Beli Pesawat Canggih Sukhoi Su 35

Thursday, September 3, 2015

TNI AU Beli Pesawat Canggih Sukhoi Su 35

Setelah beberapa lama vakum dari kegiatan tulis menulis, kini admin akan menuliskan seputar pertahanan NKRI. Tadi pagi admin kaget, ternyata Pak Mentri Pertahanan RI, Om Ryamizad telah memutuskan untuk membeli Satu Skadron (16 ekor) Pesawat Canggih Sukhoi Su 35.

Beberapa bulan lalu admin telah mengangkat materi ini sebagai topik utama pembicaraan admin, ada sekitar 6 artikel yang membahas seputar pensiunnya F 5 Tiger serta beberapa produsen Pesawat Tempur yang mengadakan promosi besar besaran di NKRI ini.

Pesawat tempur, pesawat canggih TNI AU
Pesawat Tempur Veteran F 5 Tiger


Sebut saja pertengahan tahun 2014 lalu, ketika keputusan Menhan yang akan mempensiunkan pesawat tempur legendaris F 5 Tiger dari dunia kedirgantaraan Nusantara, saat itu mulailah teka teki pesawat seperti apakah yang akan dibeli pemerintah untuk menggantikan pesawat F 5 Tiger ini. Beberapa bulan setelah keputusan disebutkan, salah satu musium perjuangan di Yogyakarta membangun hangar yang nantinya akan digunakan untuk rumah 'Sang Harimau Terbang' selanjutnya. Bukan hanya di dalam negeri, setelah kabar ini tercium oleh produsen produsen pesawat tempur di Negara lain, mereka mulai mengajukan proposan pengajuan Pesawat Tempur buatan mereka.

Dengan bermacam macam kelebihan dan kekurangan telah diterima dan dikaji oleh Pemerintah sebagai dasar untuk menentukan pesawat seperti apakan yang cocok untuk menggantikan F-5 Tiger ini, mengingat dahulu ketika pesawat ini dibeli dari Amerika Serikat, F 5 adalah Pesawat Tempur yang canggih di masanya dahulu. Dengan kemampuan Air Refuiling yang sangat jarang dimiliki oleh pesawat tempur lainnya, F 5 hadir dengan memberikan fitur baru ini. Dan rakyat Indonesia sangat mengharapkan apapun keputusan Pemerintah nanti, merupakan keputusan yang matang untuk mengganti Pesawat Tempur Legendaris ini.

Sekilas Tentang Kandidat Calon Pengganti F 5 Tiger

F 16 Block 60
Pesawat F 16 merupakan Pesawat Tempur tipe Sedang yang dikembangkan oleh Produsen Dirgantara di Amerika Serikat. Dengan berbekal satu pendorong, serta kelincahan yang tinggi pesawat ini hadir di era 90an sebagai Pesawat Tempur utama milik Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Di masa sekarang, dengan harga yang pas untuk ukuran dompet Negara berkembang, F 16 menjadi Pesawat Tempur yang banyak dibeli oleh banyak Negara. Dengan tingginya pasar penjualan Pesawat F 16 Fighting Falcon menuntut perusahaan untuk selalu mengadakan upgrade Pesawat. Akhirnya hingga kini Pesawat F 16 Fighting Falcon telah memasuki era F 16 Fighting Falcon Block 60. Pesawat inilah yang diajukan oleh pihak Produsen Dirgantara di Amerika Serikat sebagai pengganti F 5 Tiger milik TNI AU.
Pesawat Tempur F 16 Block

Saab Gripen
Semenjak diumumkannya F 5 Tiger yang akan dipensiunkan di tahun 2015, Produsen Dirgantara asal Swedia ini telah gencar melakukan promosinya, dengan menunjuk pesawat Saab Gripen NG (Next Generation) yang merupakan pesawat seri terbaru buatan produsen asal swedia. Dengan fitur utamanya yang berupa irit bahan bakar, produsen Saab sangat optimis bahwa pesawatnya akan jadi pilihan tepat bagi NKRI. Bukan hanya itu, bahkan di proposalnya dijelaskan bahwa Saab juga memberikan alih teknologi kepada indonesia (ToT). 

Sukhoi Su 35
Sukhoi Su 35 merupakan pesawat tempur kelas berat hasil pengembangan dari pesawat generasi sebelumnya yaitu Sukhoi Su 30, adapun pesawat Su 30 telah dimiliki Indonesia sendiri. Dengan menghadirkan fitur kelincahan dalam bermanuver serta dengan dua mesin pendorong untuk lebih mempercepat kecepatan serta untuk lebih menyeimbangkan Pesawat ketika sedang melaju memberikan nilai tersendiri untuk kedaulatan angkasa NKRI.

Pesawat Tempur, Sukhoi Su 35, Pesawat canggih, TNI Angkatan Udara
Pesawat Tempur Sukhoi Su 35

Beberapa bulan lalu, admin mengikurti polling di salah satu forum pertahanan, disitu ditanyakan seputar pesawat pengganti F 5, hasilnya 
75% Sukhoi Su 35
10% Saab Gripen
9% F 16 Block 60
6% Pesawat tempur lainnya

Dari hasil polling tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa Masyarakat Indonesia cendetung memilih Sukhoi Su 35 sebagai penerus F 5 Tiger. Dan kabar baiknya polling tersebut sedikit banyak telah berpengaruh dalam keputusan. Ini terbukti bahwa akhirnya Pesawat Super Canggih Kelas Berat Sukhoi Su 35 telah resmi dipilih pemerintah. Bahkan Pemerintah telah mengirim utusannya untuk melakukan survei tentang Sukhoi Su 35 ini
\
Terimakasih om Menhan
Salam Merdeka\
Salam NKRI
Salam om Ryamizad

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Design by Dek Aswin | Bloggerized by Aswin Bahar Setiawan - Dek Aswin | The Site Of Aswin Bahar Setiawan